Sunday, October 9, 2016

PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER

Selamat datang di blog ali-mahdali.blogstpot.com, kali ini penulis memposting artikel yang berjudul PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER yang mana artikel ini dapat kalian akses melalui alamat : https://ali-mahdali.blogspot.com/2016/10/prinsip-dasar-jaringan-komputer_8.html,
tanpa basa-basi yuk disimak artikelnya dibawah ini. Selamat membaca

Prinsip utama dari jaringan komputer adalah tersedianya komunikasi antar node yang aman. Maksudnya adalah komunikasi yang dilakukan dalam sebuah jaringan haruslah berinteraksi dengan dan baik serta aman dari segala macam ancaman yang terdapat pada jaringan komputer. Prinsip kerja sebuah jaringan dapat dijelaskan seperti berikut:

  1. Komunikasi Jaringan
    Komunikasi merupakan hal yang wajib dalam jaringan komputer, komunikasi merupakan proses pengiriman data dari pengirim (Transmission) ke penerima (Receiver).
    Proses komunikasi dalam jaringan komputer dibagi menjadi tiga bagian, yakni:
    • Unicast, proses komunikasi dari satu pengirim(Transmission) ke satu penerima (Receiver).
    • Multicast, proses komunikasi dari satu pengirim(Transmission) ke beberapa penerima (Receiver) yang dipilih.
    • Broadcast, proses komunikasi dari satu pengirim(Transmission) ke semua perangkat penerima (Receiver) yang yang terhubung pada sebuah jaringan.
  2. Keamanan Jaringan
    Selain dapat berkomunikasi, sebuah jaringan juga haruslah aman, aman yang dimaksud adalah tercapainya komunikasi yang terjaga data yang dikirim dan diterima, aman dari ancaman dan gangguan serta aman dari penyusup.
    Ada dua jenis aktivitas yang menjadi ancaman dan perlu diwaspadai dalam sebuah jaringan, yakni:
    1. Hacking
      Hacking merupakan kegiatan masuk kedalam sebuah sistem dengan ilegal dalam jaringan guna mencari kelemahan dari sistem tersebut. Kelemahan sistem tersebut nantinya digunakan untuk kepentingan pribadi seperti membeli dengan menggunakan rekening orang lain dan sebagainya. Pelaku hacking disebut dengan hecker. 
    2. Cracking
      Sama halnya dengan hacking, cracking merupakan kegiatan masuk kedalam sebuah sistem dengan ilegal dalam jaringan guna merusak sistem tersebut agar tidak dapat bekerja seperti biasanya. Pelaku cracking disebut dengan cracker.
    Kedua ancaman diatas menggunakan metode untuk memaksa masuk kesebuah sistem, beberapa teknik yang sering digunakan antara lain:
    1. Spoofing
      Teknik spoofing yakni memalsukan login user yang terdaftar dalam sebuah sistem, dengan teknik ini pelaku kejahatan dalam jaringan dapat masuk seolah-olah user yang terdaftar.
    2. Scanne
      Teknik scanner penggunaan aplikasi otomatis untuk mendeteksi kesalahan dari sistem pada jaringan.
    3. Sniffing
      Penggunaan aplikasi jaringan otomatis untuk memonitoring lalulintas data dan mengambil data tersebut meski tujuan data bukan kepada si pemilik aplikasi.
    4. Password Check
      Encrypt merupakan teknik mengkode ulang password agar tidak mudah dibaca, namun dengan aplikasi password check, password yang seharusnya menjadi rahasia dapat dibuka atau bahkan menghancurkan sistem keamanan password.
    5. Destructive Device
      Aplikasi virus otomatis yang dibuat untuk memalsukan identitas serta menghancurkan data pada sebuah sistem jaringan.
    Dari beberapa metode ancaman diatas, ada beberapa cara antisipasi untuk mengamankan jaringan yang kita miliki, antara lain:

    1. Mengaktifkan Firewall
      Seperti namanya, firewall merupakan layanan jaringan yang bertugas untuk memfilter(membatasi) keluar dan masuknya data pada masing-masing node, dengan demikian aplikasi jaringan hanya dapat terhubung jika diijinkan oleh firewall.
    2. Kriptografi
      Merupakan teknik merubah penyimpanan password agar sulit dibaca oleh orang yang berada diluar sistem, teknik Kriptografi dibagi menjadi dua, yakni encrypt, yakni merubah password menjadi angka dan huruf yang sulit untuk dibuka serta descript, merupakan teknik membuka password dengan kata kunci atau kode yang sudah disiapkan.
    3. Secure Socket Layer
      SSL(Secure Socket Layer) merupakan jalur khusus yang berguna untuk memaketkan ulang data yang akan dikirim dalam sebuah jaringan.
Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, berikut adalah artikel yang berkaitan dengan judul artikel PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER :
ok, silahkan lanjut membaca.

Terimakasih atas kunjungan Anda dan Karena telah sudi membaca artikel yang berjudul PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER.Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel PRINSIP DASAR JARINGAN KOMPUTER ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Happy Blogging :)

1 comment


EmoticonEmoticon