Saturday, August 29, 2020

Alur Google Classroom

Selamat datang di blog ali-mahdali.blogstpot.com, kali ini penulis memposting artikel yang berjudul Alur Google Classroom yang mana artikel ini dapat kalian akses melalui alamat : https://ali-mahdali.blogspot.com/2020/08/alur-google-classroom.html,
tanpa basa-basi yuk disimak artikelnya dibawah ini. Selamat membaca

Kali ini abang akan memberikan alur penggunaan google classroom sebagai  pengganti maupun suplement kegiatan belajar mengajar. adapaun alur penggunaan google classroom tersebut memiliki beberapa tahapan antara lain:

Google Classroom / Google Classroom Login & User Guide

Google

  1. Persiapan
    Google Classrom merupakan salah satu platform LMS yang disediakan oleh google sebagai sarana pendidik dan peserta didik dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik kegiatan belajar yang utama, maupun kegiatan belajar tambahan.
    Untuk memulai menggunakan google classroom, silahkan membuat email google yang nantinya dijadikan akun untuk belajar secara daring.
    Langkah membuat email, silahkan browsing cara membuat email google atau gmail.
    Selanjutnya, download aplikasi google classroom di google play store bagi pengguna perangkat android, atau buka alamat  https://classroom.google.com melalui browser untuk pengguna perangkat komputer.
  2. Guru
    Pada aplikasi google classroom Tekan tombol Plus(Tambah) kemudian klik create class yang berada dipojok kanan atas tampilan layar, kemudian masukkan nama kelas beserta identitas yang dibutuhkan.
    Setelah pembuatan kelas berhasil, bagikan kode kelas kepada peserta didik.
  3. Peserta didik
    Pada aplikasi google classroom Tekan tombol Plus(Tambah) kemudian klik join class, dan masukkan kode kelas yang diberikan guru.
  4. Guru Membuat Kegiatan Belajar
    Arahkan classroom untuk menampilkan semua kelas yang kita ajar dengan menekan tiga garis di pojok kiri atas dan tekan Classes, selanjutnya pilih kelas yang akan kita kelola.
    Tampilan bawaan Classroom saat kita memilih Kelas berada di tab stream, pada tab ini muncul riwayat aktivitas apa saja yang dilakukan pada kelas yang kita kelola. Pada ta ini juga kita memberikan pengumuman, sapaan, atau pesan kepada siswa. Jika siswa diberikan kewenangan untuk menjawab pengumuman, maka komentar dan tanggapan mereka bisa pula tampil di sini
  5. Guru Memberikan Tugas
    Pilih Classwork, tekan tanda +, selanjutnya pilih assignment. Untuk membuat tugas kita sebelumnya harus mempersiapkan file bisa berupa gambar, dokumen, video, link website atau sekedar perintah yang berisi intruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh siswa.
    Selanjutnya yang dilakukan siswa adalah mengerjakan tugas sesuai dengan perintah guru dan bentuk pelaporannya adalah berupa lampiran file seperti foto, video, file pdf, file word dan file-file lainnya yang dikerjakan oleh mereka dan harus dilampirkan pada menu Assigment ini.
  6. Peserta didik
    Mengumpukan tugas baik dalam bentuk komentar, maupun lampiran file seperti foto, video, file pdf, file word dan file-file lainnya yang dikerjakan oleh mereka.
  7. Guru Melakukan Evaluasi
    Guru membuka tugas yang telah diberikan kepada peserta didik, selanjutnya guru melakukan pengecekan dan memberikan nilai pada masing-masing tugas yang telah dikumpulkan.
demikian artikel alur penggunaan google classroom, semoga bermanfaat. 
Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, berikut adalah artikel yang berkaitan dengan judul artikel Alur Google Classroom :
ok, silahkan lanjut membaca.

Terimakasih atas kunjungan Anda dan Karena telah sudi membaca artikel yang berjudul Alur Google Classroom .Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Alur Google Classroom ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Happy Blogging :)


EmoticonEmoticon