Monday, April 17, 2017

Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan

Selamat datang di blog ali-mahdali.blogstpot.com, kali ini penulis memposting artikel yang berjudul Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan yang mana artikel ini dapat kalian akses melalui alamat : https://ali-mahdali.blogspot.com/2017/04/jenis-jenis-sistem-operasi-jaringan.html,
tanpa basa-basi yuk disimak artikelnya dibawah ini. Selamat membaca

kembali lagi sobat blogger, kali ini abang akan menjelaskan tentang jenis-jenis sistem operasi jaringan, bagi yang belum tahu tentang sistem operasi jaringan bisa meng-klik tautan ini; http://ali-mahdali.blogspot.co.id/2017/04/penjelasan-ciri-dan-fungsi-sistem.html
langsung saja masuk pada pembahasannya, sistem operasi jaringan dibedakan jenis-jenis nya berdasarkan tampilan atau cara konfigurasinya. berdasarkan jenisnya, sistem operasi jaringan dibedakan menjadi 2, yaitu;
The Operating System Fountain of Youth: iOS | by Jean-Louis Gassée | Monday  Note
sumber: Google

  1. Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI(Graphics User Interface)
    Merupakan Sistem operasi jaringan yang mana instalasi dan konfigurasinya menggunakan GUI(Graphics User Interface) dengan kata lain, system operasi yang sudah memiliki tampilan sedemikian rupa agar user dengan mudah melakukan instalasi serta konfigurasi terhadap system operasi jaringan yang digunakan.
    Contoh dari system operasi jaringan berbasis Graphics User Interface antara lain:
    a. Linux openSUSE
    b. Windows Server
  2. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text
    Merupakan sistem operasi jaringan yang mana instalasinya menggunakan gui ataupun text dan konfigurasinya menggunakan text pula, dengan demikian, user diharapkan untuk menghafal parintah-perintah(command) yang digunakan untuk menjalankan suatu proses instalasi dan konfigurasi Sistem Operasi Jaringan.
    Contoh dari system operasi jaringan berbasis text antara lain:
    a. Semua Turunan Linux
    b. Novel
    c. BSD
ada pula yang membagi sistem operasi berdasarkan kode sumber pembuatannya, pada jenis - jenis sistem operasi yang dibedakan pada kode sumber dasarnya antara lain:

  1. WINDOWS BASE
    Windows base merupakan sistem operasi turunan dari DOS, sistem operasi jaringan ini kebanyakan telah memiliki GUI untuk melakukan instalasi dan konfigurasi, jadi tidak heran jika sistem opeari jaringan ini memiliki lisensi berbayar dan mahal
  2. UNIX BASE
    Merupakan Sistem Operasi Jaringan turunan dari kode sumber UNIX, yakni sistem operasi yang dikenalkan untuk projek sistem operasi gratis.
  3. LINUX BASE
    Merupakan Sistem Operasi jaringan yang mana dibuat untuk mempermudah dan keamanan dari sistem operasi dengan lisensi gratis, pada setiap turunannya, sistem operasi yang memiliki kode sumber Linux memiliki kelebihan dan kekurangan. dikarenakan sistem operasi jenis ini memiliki kode sumber terbuka, yang mana banyak yang bisa melakukan permak atau modifikasi terhadap kemampuan sistem operasi jenis linux.
  4. ROUTER OS
    sistem operasi khusus yang diperuntukkan untuk peralatan jaringan, sistem operasi jaraingan ini berukuran kecil dan dipasang untuk hanya pada perangkat tertentu, karena ukurannya ke terbatasan perangkatnya, sistem operasi ini sering juga disebut dengan firmware.
Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, berikut adalah artikel yang berkaitan dengan judul artikel Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan :
ok, silahkan lanjut membaca.

Terimakasih atas kunjungan Anda dan Karena telah sudi membaca artikel yang berjudul Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan.Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Jenis-jenis Sistem Operasi Jaringan ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Happy Blogging :)


EmoticonEmoticon