Tuesday, April 18, 2017

Install Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Windows Server 2008 - Full Gambar

Selamat datang di blog ali-mahdali.blogstpot.com, kali ini penulis memposting artikel yang berjudul Install Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Windows Server 2008 - Full Gambar yang mana artikel ini dapat kalian akses melalui alamat : https://ali-mahdali.blogspot.com/2017/04/install-sistem-operasi-jaringan.html,
tanpa basa-basi yuk disimak artikelnya dibawah ini. Selamat membaca


ok, langsung saja ikuti step by step dari tutorial yang abang kasih, oh ia, abang menggunakan media instalasi DVD untuk Instalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI.

Operating Systems | free icon packs | UI Download
sumber: Google


Setting BOOT

pada keadaan komputer mati, silahkan nyalakan komputer dan dengan cepat tekan F2/F9/F11/F12, secara bergantian dengan cepat tujuannya agar bisa masuk ke menu boot komputer sobat blogger. jika sudah muncul tampilan boot, silahkan masukkan DVD instalasi kemudian pada layar komputer sobat, pilih boot yang berkaitan dengan nama CD/DVD.
Hasil gambar untuk boot from usb
Sumber : Google


Memulai Instalasi
  1. Pada saat muncul tampilan hitam dengan tulisan "Prees any key to boot from DVD" silahkan sobat tekan sembarang tombol dengan jari ya, jangan dengan kaki. seperti gambar dibawah ini:
    Hasil gambar untuk press any key to boot from usb
    Sumber : Google
  2. Komputer akan menampilkan tampilan Start-Up, tunggulah hingga proses Start-Up selesai, tampilan Start-Up yang benar adalah sebagai berikut:


  3. pada tampilan awal dari instalasi, silahkan pilih bahasa installasi, Currency dan Keyboard kemudian klik tombol Next
  4. pada tampilan dibawah ini, klik tombol "Install Now"

    dan tunggulah proses load komponen media instalasi, seperti gambar dibawah ini:
  5. pada tampilan pilihan jenis windows server yang akan diistall, pilih jenis windows server dengan paket yang sesuai dengan kebutuhan anda, pada contoh ini abang memilih yang full, agar semua paket installasi diistall

    jika sudah memilih, silahkan klik tombol next yang berada di samping kanan bawah window(jendela), seperti gambar berikut ini:
  6. pada tampilan pernyataan persetujuan lisensi dan penggunaan sistem operasi, silahkan kalian centang pilihan "I Accept the licence term", centang ini bertujuan untuk mengaktifkan tombol Next yang berada dalam keadaan Disable, seperti gambar berikut ini:

    jika sudah memilih, silahkan klik tombol next yang berada di samping kanan bawah window(jendela)
  7. langkah selanjutnya, silahkan pilih metode instalasi, langkah ini berisi 2 pilihan, yaitu:
    a. Upgrade (memperbarui dari versi windows sebelumnya)
    b. Custom (Mengistall windows dari awal/ belum ada instalasi sebelumnya/ sistem masih kosong), seperti gambar dibawah ini:

    dalam contoh ini, abang memilih Custom, karena abang ingin istalasi dilakukan tampa adanya sistem yang disimpa(dibuat baru)
  8. langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan disk(media penyimpanan), karena abang menggunakan hardisk yang baru, maka abang melakukan pembuatan partisi baru dengan cara sebagai berikut:
    pada tampilan partisi, klik tombol Drive Option(advance), seperti gambar berikut:

    kemudian klik tombo New, seperti gambar berikut:

    kemudian tentukan kapasitas yang ingin digunakan, dalam contoh ini, abang akan membuat partisi sejumlah total hardisk yaitu 25 GB. seperti tampilan dibawah ini:

    kalau sudah, klik tombol Apply, jika ada konfirmasi seperti tampilan dibawah ini, silahkan klik tombol OK
  9. langkah selanjutnya, pilih partisi yang tadi sudah dibuat, ingat terdapat partisi recoveri yang ukurannya dibawah 1GB, jangan pilih partisi tersebut, logikanya, sebuah sistem operasi jaringan tidak mungkin bisa diistall pada sistem operasi jaringan bukan.!!!, seperti gambar dibawah ini:

    kemudian klik tombol next
  10. langkah selanjutnya adalah bersabar, menunggu proses instalasi selesai, proses instalasi akan berlangsung lama jika komputer anda dibawah rata-rata permintaan si sistem operasi.

    sabar

    sabar, sabar

    dan, sabar ya,...

    masih sabar ya...

    nah, akhirnya muncul juga pergantian tampilan yang bikin tegang, kalau sudah muncul tampilan restart windows, silahkan tunggu 10 detik

    atau jika kalian tidak sabar, silahkan klik tombol restart now
  11. langkah selanjutnya adalah membiarkan windows melakukan restart, jika muncul tampilan berikut:

    jangan tekan sembarang tombol, agar instalasi tidak diulangi dari awal, biarkan saja tampilan diatas, nanti juga hilang sendiri.
  12. dan, sabar ... semua selesai pada waktunya bukan,....hehehehe

    sabar ya..//

    sabar lagi...

    dan lagi...

    lagi...

    nah, setelah ini restart lagi, dan jangan tekan tombol di keyboard, agar instalasi tidak diulangi
  13. langkah selanjutnya setelah komputer aktif adalah menunggu sejenak, seperti tampilan berikut ini:
  14. jika muncul pesan error seperti dibawah ini, silahkan klik tombol OK, seperti gambar berikut:



  15. buatlah password yang sesuai dengan ketentuan pembuatan password windows server 2008, seperti gambar berikut:

    dan jika sudah, silahkan klik tombol panah warna biru di sebalah field retype-password
  16. jika pembuatan password benar, maka akan muncul konfirmasi seperti gambar berikut ini:

    klik saja tombol OK
  17. dan....taraaaa, akhirnya instalasi berhasil silahkan melakukan pengaturan lanjut tentang windows server 2008. silahkan lakukan search di blog abang ini untuk pengaturan selanjutnya.

    desktop windows server 2008





sekian dulu ya.!!!

Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, berikut adalah artikel yang berkaitan dengan judul artikel Install Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Windows Server 2008 - Full Gambar :
ok, silahkan lanjut membaca.

Terimakasih atas kunjungan Anda dan Karena telah sudi membaca artikel yang berjudul Install Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Windows Server 2008 - Full Gambar.Tak Lengkap Rasanya Jika Kunjungan Anda di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Install Sistem Operasi Jaringan Berbasis GUI - Windows Server 2008 - Full Gambar ini jika memang bermanfaat bagi anda, namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya. Terima Kasih, Happy Blogging :)

1 comment

  1. cara penjelasannya mudah di mengerti,thanks sobat.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon